PEMENUHAN HAK KONSTITUSIONAL SISWA MELALUI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 6 PALU)
Keywords:
Pemenuhan hak, konstitusional, siswa, kurikulum merdekaAbstract
The purpose of the study was to determine the fulfillment of students' constitutional rights through the implementation of the independent learning curriculum. And knowing the independent learning curriculum that is applied in accordance with Pancasila and the 1945 Constitution. The author uses the Normative Research Method, using a statutory approach and a conceptual approach. The results of the study show that, the fulfillment of constitutional rights to education is guaranteed in the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia. Everyone has the right to obtain the same education in accordance with their constitutional rights. The implementation of the independent curriculum is beneficial, independent learning does not mean free to want to learn or not learn. Freedom of learning means independence in thinking. Free learning provides opportunities for students to learn as freely and comfortably as possible according to individual interests and talents without any burden, stress, or pressure from any party. The implementation of an independent curriculum towards the fulfillment of students' constitutional rights has been implemented and is felt to have a direct impact on student readiness both in hard skills and soft skills of students.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pemenuhan hak konstitusional siswa melalui penerapan kurikulum merdeka belajar. Dan mengetahui kurikulum merdeka belajar yang di terapkan sesuai dengan Pancasila dan Undang - Undang Dasar 1945. Penulis menggunakan Metode Penelitian Normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual.Hasil penelitian menunjukan bahwa, pemenuhan hak konstitusional terhadap pendidikan dijamin di dalam UUD NKRI Tahun 1945. Setiap orang berhak memperoleh pendidikan yang sama sesuai dengan hak konstitusionalnya. Penerapan kurikulum merdeka dirasakan manfaatnya, merdeka belajar bukan berarti bebas untuk mau belajar atau tidak belajar. Merdeka belajar bermakna kemerdekaan dalam berpikir. Merdeka belajar memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sebebas-bebasnya dan senyaman-nyamannya yang disesuaikan dengan minat dan bakat individu tanpa adanya beban, stres, maupun tekanan dari pihak manapun. Implementasi kurikulum merdeka terhadap pemenuhan hak konstitusional siswa sudah dilaksanakan dan dirasa berdampak langsung pada kesiapan siswa baik secara hard skills maupun soft skills para siswa
References
Ahmad Sukardja, Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara, Jakarta, Sinar Grafika
Dewa Gede Palguna, Pengaduan Konstitusional (Constitusional Complaint), Jakarta Sinar Grafika
Eko Riyadi & Syarif Hidayat. 2012. Kajian Dan Mekanisme Perlindungannya. Yogyakarta: Vulnerable Group. Cet 1
Jimly Asshiddiqie. Konstitusi dan Konstitusional Indonesia. Jakarta. Sekertariat Jendral dan Kepaniteraan MKRI. 2005
Kemendikbud. 2019. Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia
Rudy & Budiyono. 2014. Konstitusi dan HAM. Bandar Lampung: Justice Publisher
Soerjono Soekanto, Pengantar penelitian Hukum, Jakarta UI Pers, 1981
Thohir, M. 2020. Buku Panduan: Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Titik Triwulan Titik, Pokok-Pokok Hukum Tata Negara Indonesia Pasca Amandemen UUD 1945. Surabaya, Cerdas Pustaka, 2008.
Zainuddin Ali, Metode Penelitian Hukum, Jakarta Sinar Grafika, 2014
Philipus M. Hadjon dan Tatiek Sri Djatmiati, Argumentasi Hukum, Cetakan ketiga, Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 2008
Marzuki Peter Mahmud, Penelitian Hukum Cetakan keenam Prenada Media Group, Jakarta, 2010
M. Sukardjo. Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya.Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
Wijayanto, A. 2021. Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka
