TINJAUAN HUKUM TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN JASA KESEHATAN ANTARA PASIEN DAN RUMAH SAKIT (Studi Rumah Sakit Umum Daerah Ampana Kota)

Penulis

  • Anggun Purnamasari Fakultas Hukum Universitas Tadulako, Indonesia

Kata Kunci:

Pelayanan Kesehatan; Pasien dan Rumah Sakit

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada permasalahan Pelayanan Jasa Kesehatan Antara Pasien dan Rumah Sakit. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian hukum yuridis-empiris untuk menganalisa data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan sudah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Bahwasannya Rumah Sakit itu sebagai institusi dalam Pelayanan Kesehatan perorangan dengan menyediakan Pelayanan Rawat Inap, Rawat Jalan, dan Rawat Darurat. Dalam Pelaksanaan Pelayanan Jasa Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Ampana Kota pada Rawat Inap dan Rawat Jalan belum sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang karena masih ada pasien yang mendapatkan pelayanan tidak ramah dari Perawat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 Pasal 37 mengatur mengenai kewajiban seorang perawat dalam melaksanakan Praktik Keperawatannya yaitu memberikan pelayanan yang sesuai dengan Kode Etik, Standar Pelayanan Keperawatan, Standar Profesi, dan Standar Prosedur Operasional. sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang.

Abstract

This research focuses on the problem of Health Services Between Patients and Hospitals. To obtain the data needed in this study, a juridical-empirical legal research method is used to analyze primary and secondary data. Based on the results of the study, it can be concluded that the Implementation of Health Services has been stated in Law Number 44 of 2009 that the Hospital is an institution in individual Health Services by providing Inpatient, Outpatient, and Emergency Services. In the Implementation of Health Services at the Ampana City Regional General Hospital in Inpatient and Outpatient Settings, it is not in accordance with the provisions in the Law because there are still patients who get unfriendly services from Nurses as stipulated in Law Number 38 of 2014 Article 37 regulates the obligations of a nurse in carrying out his Nursing Practice, namely providing services in accordance with the Code of Ethics, Nursing Service Standards, Professional Standards, and Standard Operating Procedures. as stipulated in the Law.

Keywords: Healthcare; Patients and Hospitals

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

A. Buku - Buku :

Badu Ahmad, dan A Batinggi, Manajemen Pelayanan Publik, Yogyakarta Andi Offset, Balik Papan, 2013

Koeswadji, Hermin Hadianti, Hukum Untuk Perumahsakitan, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2002

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran; Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Erlangga, 1994

Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta, 2011

Nasution, Manajemen Jasa Terpadu, Ghalia Indonesia, Malang, 2004

Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, Ghalia Indonesia, Bogor, 2005

Notoadmodjo, Soekidjo, Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni, Renika Cipta, Jakarta, 2007

Sinambela, Poltek Lijan, Reformasi Pelayanan Publik, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2008

Sinambela, Poltek Lijan, Reofrmasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2006

Sugiarto, Endar, Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, 2002

Sugiarto, Endar, Psikologi Pelayanan dalam Industri jasa, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 1999

Supranto, J, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Renika Cipta, Jakarta, 2007

Waluyo, Bambang, Penelitian Hukum dalam praktek, PT Sinar Grafika, Jakarta, 2002

B. Peraturan Perundang-Undangan :

Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945

Undang-Undang Nomor Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 144; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5063)

Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 Tentang Rumah Sakit (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 153; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5072)

Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 116, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4431)

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 298, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5607)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 307, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5612)

Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Standar Layanan Minimal (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 2 ; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6178)

C. Sumber Lainnya :

https://repository.unej.ac.id.skripsi_citra_1.pdf diakses pada tanggal 12 Desember 2021

http://scholar.unand.ac.id.bab-1-pendahuluan.pdf diakses pada tanggal 9 Desember 2021

https://fh.umj.ac.id/aspek-perlindungan-hukum-dalam-pelayanan-kesehatan-dan-kedokteran diakses pada tanggal 9 Desember 2021

http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id.BAB-II.pdf diakses pada tangga 13 Desember 2021

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, “Arti Kata Sehat” https://kbbi.web.id.sehat diakses pada tanggal 14 Desember 2021

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, “Arti Kata Pasien” https://id.m.wikipedia.org/kesehatan diakses pada tanggal 14 Desember 2021

http://eprints.umm.ac.id./BAB-II-konsep-rumah-sakit.pdf diakses pada tanggal 19 Desember 2021

http://eprints.umm.ac.id./BAB-II-konsep-rumah-sakit.pdf diakses pada tanggal 19 Desember 2021

http://eprints.umm.ac.id./BAB-II-konsep-rumah-sakit.pdf diakses pada tanggal 19 Desember 2021

http://visia.info/kesehatan/pengertian-pelayanan-kesehatan diakses pada tanggal 13 Desember 2021

Jurnal :

Ani setianingsih, Ai Susi Susanti, 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit, Jurnal Menara Medika, Vol. 4, No. 1, hlm 23, https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pelayan+jasa+kesehatan+antara+pasien+dan+rumah+sakit&btnG=#d+gs_qabs&t=1718984976746&u=%23p%3DyUyr-q4VKH4J diakses pada tanggal 21 Juni 2024

Sigit Nugroho Adhi, Kori Puspita Ningsih, 2020, Manajemen Data Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan e-ISSN 2622-7614, Vol. 3, No. 2, hlm 54, https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=standar+pelayanan+minimal#d=gs_qabs&t=1718981785215&u=%23p%3Dke3xVrvpbOQJ diakses pada tanggal 21 Juni 2024

Abdurahman, dkk, Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan (Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pendidikan Universitas Tanjungpuro Pontianak), Fakultas Ekonomi UNTAN, Pontianak, Tahun 2016, hlm. 2

Agung Utama, 2003, Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten, ISSN 1693-2102, Vol. 1, No. 2, hlm. 2 https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kualitas+pelayanan+di+rumah+sakit&oq=kualitas+pelayanan+di#d=gs_qabs&t=1719137118111&u=%23p%3DgzdGjLfa4JEJ diakses pada tanggal 23 Juni 2024

Beny Irawan, Erwin Daniel Sitanggang, 2020, Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual), Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF), e-ISSN 2655-0830, Vol. 3, No. 1, hlm. 1 https://ejournal.medistra.ac.id/index.php/JKF diakses pada tanggal 23 Juni 2024

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-10

Cara Mengutip

Anggun Purnamasari. (2024). TINJAUAN HUKUM TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN JASA KESEHATAN ANTARA PASIEN DAN RUMAH SAKIT (Studi Rumah Sakit Umum Daerah Ampana Kota). JURNAL ILMU HUKUM AKTUALITA, 1(3), 193–207. Diambil dari https://jurnal.fakum.untad.ac.id/index.php/AKT/article/view/1537

Terbitan

Bagian

Artikel

Citation Check